Motto Saya

"Bekerja Selagi Mampu, Manjadda wajadda..."

Kamis, 31 Januari 2013

Cara Membuat Diagram Pada Star UML


By : Yoenita Capcuzz


Saya akan membuat sebuah diagram yang menggunakan program apilkasi Star UML. Diagram yang saya buat ini merupakan diagram yang akan menjelaskan prosedur  untuk pendaftaran siswa baru di SMK NH Multimedia Pajaran. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka aplikasi Star UML, kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini.


Selanjutnya klik “Default Approach” untuk memulai project baru.
Lalu double klik UseCase Diagrams pada Diagram Explorer yang terletak di sebelah kanan, dan pilih Main. 


Diagram ini terdiri dari beberapa actor, UseCase, dan Directed Association, dan satu buah Dependency. Actor adalah sebuah gambar yang melambangkan seorang pelaku. Pelaku melakukan aktivitas dan membantu segala kegiatan yang membutuhkan manusia. UseCase merupakan sebuah simbol elips yang berfungsi untuk menjelaskan proses apa yang harus dijalankan, biasanya usecase ini berisi sebuah kata perintah dan sebuah kata benda. Directed Association merupakan tanda panah yang berfungsi sebagai penunjuk arah dan alur dari diagram tersebut, sedangkan dependency merupakan tanda panah putus – putus yang memiliki arti bahwa  kedua objek yang dihubungkan itu saling berketergantungan.
            Sebelum membuat diagram tersebut kita harus menganalisa setiap proses yang terjadi, proses apa saja yang butuhkan dan proses mana saja yang harus dilakukan. Selain proses, actor atau pelaku juga sangat penting keberadaannya. Untuk membuat diagram kursus ini, kita membutuhkan tiga orang pelaku atau actor, yaitu mahasiswa, penjaga loket kursus, dan teller bank. Sedangkan proses – proses yang dibutuhkan terdapat sembilan proses, yaitu :
  1. Memilih kursus dan menyerahkan KTM
  2. Mendapatkan Blanko
  3. Menyerahkan blanko dan membayar kursus
  4. Input Data
  5. Cetak tanda lunas
  6. Mendapatkan bukti pembayaran
  7. Menyerahkan bukti pembayaran
  8. Mendapatkan jadwal kursus
  9. Mengikuti kursus
Setelah mendapatkan actor dan usecase, kita dapat memulai pembuatan diagram tersebut. Pertama, klik Actor yang terdapat di sebelah kiri jendela dan letakan pada layar putih Main. Kemudian ketikkan nama actor tersebut, misalnya admin. 


Jika sudah, masukkan pula actor – actor yang lain, yaitu petugas, kepala sekolah, dan calon siswa. Selanjutnya kita akan membuat UseCase, dengan cara mengklik UseCase dan meletakannya di layar putih. Buat sembilan buah UseCase dan isi UseCase tersebut dengan proses – proses yang tadi sudah dianalisa (lihat gambar dibawah)



Kemudian hubungkan actor – actor tersebut dengan proses-prosesnya, dengan mengklik DirectedAssociation. Klik pada actor dan tarik garis ke proses yang akan dituju, perhatikan arah dan alurnya. Jika sudah selesai menghubungkan, buatlah UseCase – UseCase yang lain sampai seluruh proses sudah dituliskan. Hubungkan seluruh komponen yang ada sesuai alur dan arah yang ditentukan. Atur seluruh komponen agar dapat terbaca dengan mudah bagi orang yang belum pernah melakukannya. Perhatikan garis – garis DirectedAssociation, tidak boleh ada garis yang saling bertumpukan atau membuat persimpangan karena akan membuat si pelaku merasa kebingungan untuk melakukannya.
  

 Jika semua telah selesai, maka inilah output nya. 



1 komentar: